Pengertian Domain dan Hosting Indonesia


Suatu hari di sekolah kejuruan swasta di pinggir kota semarang sedang berlangsung kegiatan belajar mengajar, nampaklah seorang guru sebut saja Pak Pintar sedang menerangkan pelajaran "Pengenalan Internet" kepada anak-anak didiknya. Pak pintar menerangkan kepada siswanya apa sajakah komponen yang diperlukan dalam membuat website sehigga bisa diakses dari seluruh penjuru dunia. Pak pintar mengatakan untuk membuat website kita memerlukan domain dan hosting.
"Lalu apa yang dimaksud dengan domain dan hosting?" tanya salah satu siswa kepada pak pintar.
Pak pintar pun menjelaskan apa yang dimaksud dengan domain.
"Begini anak anak pengertian domain sebenarnya adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya jagoanhosting.com. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. Domain memiliki beberapa ekstensi, pada contoh diatas berekstensi .com, ekstensi yang lain yaitu .org, .info, .net, .or.id, .go.id, .ac.id, .net.id dan sebagainya"
"Pak kenapa ekstensinya beda beda pak" tanya Sueb yang kebetulan bapak anak ini bekerja di sebuah perusahaan jasa hosting yaitu jagoan hosting.
"Ekstensi memeliki penggunaan yang berbeda- beda, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan
  1. .Com : di gunakan untuk kepentingan komersial atau perusahaan.
  2. .Net : di gunakan untuk kepentingan network infrastruktur.
  3. .Org : di gunakan untuk kepentingan organisasi.
  4. .Info : di gunakan untuk kepentingan informasional website.
  5. .Name : digunakan untuk kepentingan keluarga atau personal.
  6. .Edu : digunakan untuk kepentingan website pendidikan, terbatas hanya utk pendidikan.
  7. .Mil : di gunakan untuk kepentingan website angkatan bersenjata, terbatas hanya utk Militer.
  8. .biz : di gunakan untuk kepentingan Bisnis.
  9. .tv : di gunakan untuk Entertainment seperti Televisi, Radio, majalah.
  10. .travel : di gunakan untuk Bisnis Pariwisata.
Untuk Indonesia terbagi menjadi beberapa sub domain seperti :
  1. .or.id : Untuk Organisasi
  2. .co.id : Untuk Komersial
  3. .go.id : Untuk Pemerintahan
  4. .ac.id : Pendidikan Tinggi
  5. .sch.id: untuk Sekolah
  6. .net.id: Internet Provider
  7. .web.id: digunakan untuk umum "

Semua murid manggut manggut mendengar penjelasan dari Pak Pintar, entah karena mengerti atau bingung.
Selanjutnya Pak Pintar menjelaskan pengertian hosting
"sedangkan Hosting atau biasa disebut sebagai web hosting adalah layanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data - data website agar halaman website tersebut bisa diakses dari mana saja. Data web tersebut meliputi file - file html, php script, cgi script, css, image, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web.
Pengertian Hosting dapat diibaratkan sebagai contoh berikut; sebuah website diibaratkan sama dengan kios/ruangan di Mall. Manajemen Mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang-orang dapat membuka usaha. Setiap kios pengelolanya dapat berbeda, dekorasinya berlainan dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 10m x 7m) dan maksimum adalah besarnya gedung Mall tersebut.

Perusahaan Hosting seperti jagoan hosting menyediakan hardware, jaringan (infrastruktur), email (telepon), dan sebagainya agar anda dapat membuka/membuat website. Server (gedung Mall) kami dihuni oleh banyak pelanggan, masing-masing pelanggan mempunyai batas penggunaan diskspace (batasan ruangan) dan tentu saja setiap pelanggan mengoperasikan websitenya masing-masing."
"Mungkin kalian semua masih bingung dengan penjelasan tadi, berikut saya tayangkan sebuah ilustrasi apa yang dimaksud dengan domain dan hosting. "
Lalu Pak Pintar menyalakan laptop Fujitsu LifeBook MH330 nya yang baru dibelinya dari pameran komputer pekan kemaren, alasan pak pintar memilih merek fujitsu dikarenakan handal dan kuat dan desainnya menawan.Pak pintar ini memang sosok guru yang disukai siswa siswanya karena pak pintar dalam menerangkan sangat mudah dipahami dan informasinya selalu terbaru sesuai kondisi trend disaat ini, semua itu dikarenakan pak Pintar suka membaca Tabloid komputek majalah yang mengulas berita seputar informasi teknologi.
Berikut video yang dijadikan pak Pintar dalam menjelaskan pengertian domain dan hosting kepada murid-muridnya.


"Pak dimana kita bisa mendapatkan jasa hosting" tanya seorang murid.
"oh banyak sekali perusahaan jasa hosting, salah satunya jagoan hosting kebetulan bapak sendiri juga berlangganan hosting disana jagoan hosting itu adalah hosting indonesia yang murah". jawab pak Pintar
Murid - murid pada manggut manggut dan terdengar bunyi bell tanda pelajaran telah selesai.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment